Sabtu, 28 November 2015

HIDUP BERUBAH: MELUPAKAN MASA LALU






Baca: Flp 3:1b-16
"Oleh karena  DIAlah aku tlah melepaskan smuanya itu & menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus,"(Flp 3:8b)




R.Paulus menegaskan "..siapa yang ada didalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yagn baru sudah datang."(2Kor 5:17), artinya kita hrs menanggalkan manusia lama & hidup sebagai manusia yang baru

Salah satu upaya meninggalkan manusia lama adalah melupakan masa lalu seperti yang dilakukan R.Paulus ini, "..aku melupakan apa yg tlah dibelakangku & mengarahkan diri kepada apa yang di kehidupanku,"(Flp 3:13). Masa lalu sudah berlalu & tidak mungkin terulang kembali, karena waktu terus berjalan maju. Ada sebagian orang yang membanggakan masa lalu karena diwarnai dgn prestasi & kejayaan. Tetapi ada pula yg sulit sekali melupakan masa lalu karena penuh kegagalan / hal2 yg menyayat hati sehingga menimbulkan trauma yg berkepanjangan. Jika kita terus dibayang2i o/masa lalu, sampai kapanpun kita tidak akan MOVE ON.

Sjak berjumpa Kristus, Paulus mengalami perubahan hdp shg bs berkata bahwa masa lalu / sgala sesuatu yg tlah ia raih di luar Kristus, tidak lebih dari sampah yang tidak berguna, "..apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. Malahan sgala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia daripada smuanya."(Flp 3:7-8a)
Hidup kita pun akan berubah jika kita punya penyerahan diri penuh kpd Tuhan & mengalami jamahan tgn Tuhan, sebab jamahanNya slalu membawa perubahan, pemulihan, kesembuhan & mujizat. Paulus yg dulunya penganiaya jemaat, kini mengabdikan  sel.hdpnya bagi Kristus & rela mati bagi DIA.

Supaya dapat memgalami perubahan hdp yg sesungguhnya, kita hrs turut disalibkan bersama Kristus, memiliki penyerahan diri kepad Tuhan, punya tekad kuat untuk meninggalkan masa lalu/kehidupan lama. Jika kita sdh meninggalkan kehidupan lama, JANGAN menoleh lg kebelakang lg spt istri Lot, yang akhirnya menjd tiang garam (Kej 19:26)



..AKU HIDUP, BUKAN LAGI AKU SENDIRI YANG HIDUP, MELAINKAN KRISTUS YANG HIDUP DI DALAM AKU. INILAH ARTI PERUBAHAN HIDUP.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar